"Sebuah Blog Berisi Kumpulan Puisi Indonesia"


Selasa, 08 November 2011

Andai Ini Puisi

ANNI SOETARDJO


Puisi seperti ini sudah kutulis ribuan kali
Setiap kali berlinang-linang roboh bergelimpang
Usang

Kata-kata yang dipaksa terbaca filosofis
Padahal aku-pun sama bodohnya
Dengan kehampaan jeda aksara

Aku bercerita tentang mereka seperti telah lama
Mendekam dalam asam-garam mata-mata letih itu
Atau susu encer yang terlalu mewah untuk diteguk

Aku bercerita tentang diriku seperti terlatih
Mengenal sisi hitam-putih lekuk-lekuk pribadiku
Andai dari pertama aku tahu bahwa aku tak tahu apa-apa

Andai puisi ini penghujung matiku
Kemudian kau hidupkan aku sekali lagi
Dan kau isi…

Lembar demi lembar buku hayat
Terpahat menggurat riwayat yang akan kubanggakan
Lewat penutur anak cucuku

Bukan biografi yang tamat sebelum dimulai…

Andai puisi ini bisa membawaku ke dalam puisimu
Lalu hidup bersama dalam kitab-kitab cinta tak berkesudahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...